Keunikan Tiang Lampu Jalan Modern







Keunikan Tiang Lampu Jalan Modern – Saat ini di era modern tiang lampu sudah menjadi salah satu fasilitas insfrastruktur jalan yang wajib ada. Di dukung dengan teknologi yang telah berkembang saat ini, tiang lampu jalan memanfaakan energy matahari atau sering di sebut solar sell. Cara kerja tiang lampu solar cell itu sendiri menyerap energy matahari lalu menjadikannya energy listrik. Saat ini memang banyak pabrikasi yang menyediakan berbagai macam tiang lampu, namun kalian harus benar – benar memilih pabrikasi terbaik untuk mendapatkan kualitas tiang lampu yang baik juga tentunya, mari kita simak keunikan tiang lampu jalan di era modern saat ini.

Solar Cell atau sering di sebut panel surya itu sendiri merupakan panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau "sol" karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photoceltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik". Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.

Keunikan Tiang Lampu Jalan Modern

Saat ini di Indonesia sudah banyak beraneka model tiang lampu jalan mulai dari model klasik, antic, dan minimalis ketiga tiang lampu jalan itu sebih sering di gunakan untuk tiang lampu taman. Ketiga tiang lampu taman itu sangat menambah suasana menarik untuk taman anda.

Jika anda menginginkan tampilan taman yang terlihat elegan anda dapat menggunakan tiang lampu taman minimalis, dengan di padukan material yang berkualitas dan warna tiang lampu hitam itu dapat membuat tampilan taman anda terlihat sangat elegan.

Kemudian untuk tiang lampu taman antik itu lebih banyak di gunakan di jalanan kota tua seperti daerah bandung, Yogyakarta ataupun kawasaan kota tua Jakarta. Tiang lampu taman antik ini sangat menarik untuk anda miliki sebab model yang di milikinya ini sangatlah unik berbeda dengan model minimalis.

Untuk tiang lampu model klasik ini biasanya digunakan oleh sebagian orang yang memiliki rumah dengan ukuran lebih besar. Karena akan terlihat lebih mewah dengan nilai estetika yang tinggi dari suatu bentuk akan terlihat lebih menawan dan elegan. Bukan hanya orang jadul yang memiliki keinginan untuk menggunakan tiang lampu berbentuk klasik. Tapi anak zaman sekarang pun banyak yang berkeinginan dan lebih mencari tema dengan klasik. Bentuk asli yang dihasilkan lebih menarik perhatian banyak orang.

Bahan dasar tiang lampu

Sebelum menentukan tiang lampu yang akan kita beli. Sebaiknya perhatikan bahan yang digunakan oleh produsen dalam pembuatannya. Karena bahan yang baik akan memberikan kualitas yang baik pula. Harga dari suatu tiang lampu jalan pun berbeda – beda disesuaikan dengan kualitas yang dihasilkan. Seperti yang kita ketahui, bahan yang digunakan biasanya kayu, besi, komposit, batu alam, dan pipa galvanis.

Saya akan jelaskan beberapa yang sudah disebutkan untuk bahan pembuatan tiang lampu jalan, yaitu:

  • Besi : ada beberapa macam besi untuk pembuatan tiang lampu jalan. Salah satunya besi besi BSP, besi SQ, dan besi plat. Apabila menggunakan besi plat, maka bentuk tiang lampu jalan dapat memiliki enam atau delapan sisi. Hal ini karena terdapat proses penekukan oleh mesin bending plate untuk besi plat ketika diproses menjadi tiang lampu. Itulah mengapa besi plat ini dapat dikatakan lebih flexible dari besi BSP dan SQ.
  • Kayu : bahan dasar dari kayu ini biasanya digunakan untuk pembuatan tiang lampu taman. Karena lebih terlihat minimalis juga dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk penerangan di taman.
  • Komposit : bahan yang terbentuk dari dua material melalui pencampuran yang berbeda jenis. Perbandingan yang tepat antar setiap material menghasilkan komposit yang kuat, keras, dan tahan berbagai cuaca.
  • Pipa galvanis : pipa ini merupakan pipa yang dibuat dari besi tapi dilapisi oleh seng. Pipa ini juga tahan banting, anti karat higgga 20 tahun.

Kalian pastikan bahan apa yang ingin kalian gunakan untuk tiang lampu jalan yang akan kalian. Semoga bermanfaat artikel ini ya.

Comments

  1. Artikel yang sangat bermanfaat sekali, lebih baik jika membuat website resmi kepada kami di jasa pembuatan website

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Fungsi Tiang Untuk Lampu

Seberapa Penting Tiang PJU ?